Mengapa Kuliah Ke Luar Negeri?

Berawal dari sebuah motivasi dari seorang mativator, baik teman atau kakak kelas yang sedang  kuliah di luar negeri atau lulusan luar negeri, lanjut ke tahap angan-angan akan banyaknya fasilitas yang didapat dan cakrawala wawasan yang lebih luas jika kuliah di universitas luar negeri.
Semakin kita mengenal negera yang menjadi tujuan dengan informasi yang didapat dari berbagai kalangan, semakin besar pula angan-angan kita untuk bisa kuliah di luar negeri. Ungkapan akan niat untuk keluar ini terkadang mendapat banyak respon dari orang-orang disekitar terutama orang tua. Akan ada 1001 pertanyaan yang tak bisa terelakkan.
Mengapa kamu ke luar negeri?
Pertanyaan ini pasti sering muncul di pikiranmu, atau sering ditanyakan oleh orang-orang di sekitarmu.


KEUNTUNGAN KULIAH DI LUAR NEGERI


Tertarik untuk menuntut ilmu di negeri orang?, Berikut adalah beberapa alasan yang bakal membuat kamu lebih mantap untuk kuliah di luar negeri :

  • Mendapatkan  teman dari berbagai bangsa, ras, dan etnis
Kebayang kan serunya berteman dengan palajar dari negera lain saat kuliah di luar negeri. Kamu mungkin akan bertemu dengan pelajar dari negaramu, namun memiliki kawan dari beragam etnis akan membuka wawasan baru dan cakrawala pengetahuan yang lebih lebar. Mereka akan memberimu ilmu dengan sudut pandang yang berbeda, maka dari itu kamu juga harus mempersiapkan “cerita” untuk dibagi. Salah satu tipsnya adalah selalu open-minded dan respect.

  • Lebih cepat belajar bahasa asing
Di beberapa negara eropa yang tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama, bahasa lokal akan sangat mendominasi percakapan sehari-hari, entah saat kuliah, jual beli, dan interaksi sosial masyarakat. Dengan kondisi yang sedikit “dipaksa” ini, kamu bakal lebih cepat beradaptasi dengan bahasa lokal yang digunakan karena kamu mendengar dan mempraktekannya sehari-hari. Untuk lebih mudah kamu bisa mengambil kursus bahasa atau memiliki teman yang bisa mengajarimu dengan gratis.

  • Mengenal budaya yang beraneka ragam

Festival, kesenian, upacara keagamaan, pernikahan, dan berbagai kegiatan keagamaan khas suatu negara yang benar-benar beda dari budaya Indonesia akan kamu temui saat kuliah di luar negeri. Selain kebudayaan yang sifatnya tradisional dan turun-temurun, kamu juga berkesempatan untuk menyaksikan langsung budaya- budaya modern, seperti musik, fashion, dan gaya hidup. Yang lebih seru lagi, nggak sekedar menyaksikan dan mengamati, kamu juga bisa menjadi bagian dari budaya-budaya dan berbagai festival yang pastinya seru banget.

  • Bisa mengunjungi negara lain di sekitar negara tempat kuliah
Mumpung di luar negeri, nggak ada salahnya kan mengunjungi lebih dari satu negara? Ketika kamu berada di negeri asing, keberanian untuk menjelajahi tempat-tempat baru akan lebih tinggi. Apalagi, kesempatan untuk melakukan hal itu terbuka lebar, karena sebagian besar negara di luar negeri memiliki libur musim panas dan libur musim dingin yang cukup lama. Ongkos bepergian ke negara asing lain pun jauh lebih murah dibandingkan kalau harus berangkat dari Indonesia. Misalkan kamu sedang ada di Jerman, untuk jalan-jalan ke Belanda, Austria, dan negara-negara sekitarnya pasti akan jauh lebih mudah.

  • Mendapatkan kesempatan untuk lebih memahami diri kamu, lebih manjadi diri sendiri, dan lebih mandiri
Berada di tempat yang benar-benar jauh dari rumah pasti membuatmu lebih banyak berpikir. Kamu akan lebih banyak merenung, menyusun strategi, dan berintrospeksi. Apalagi, orang-orang yang peduli dan siap membantumu di luar negeri nggak akan sebanyak di Indonesia. Waktu sakit, nggak akan ada lagi orangtua yang masak masakan spesial. Saat sedang galau, nggak akan ada sahabat dekat yang bisa jadi tempat curhat. Bahkan dalam keadaan sakit dan galau pun kamu masih harus tetap belajar, bersih-bersih rumah, dan mengurus diri sendiri.
Kebiasaan hidup mandiri ini mempunyai efek yang sangat positif. Karena banyak berpikir dan berintrospeksi, kamu akan lebih mengenal diri sendiri. Selain jauh lebih dewasa, kamu juga akan mengembangkan kepribadian kuat, tangguh, dan pantang menyerah. Keren, kan?

  • Kualitas pendidikan yang baik
Kualitas pendidikan di negara tujuan belajar seringkali lebih baik, namun bukan berarti mutu pendidikan dalam negeri itu buruk. Kamu akan berkesempatan mengakses fasilitas dan ilmu baru yang belum pernah diperoleh. Manfaatkan secara maksimal fasilitas laboratorium, perpustakaan, student center, students community, dan diskusi-konsultasi untuk mengembangkan “ide-ide luar biasa”. Ditambah lagi keberhasilan dalam memperoleh gelar akademik akan membuatmu semakin diperhitungkan dalam dunia kerja.

  • kamu akan lebih mencintai Indonesia
Saat berada di luar negeri, kamu akan merasakan berbagai hal khas Indonesia yang sebelumnya terasa biasa menjadi sangat luar biasa. Mulai dari yang simpel, seperti makanan, minuman, iklim; sampai dengan yang sifatnya rada filosofis, seperti keramahan masyarakat, kebiasaan gotong royong, dan sikap saling peduli antar tetangga. Tinggal di negeri orang akan membuatmu sadar bahwa Indonesia adalah negara yang sangat istimewa, negara yang membuat kamu rindu untuk terus pulang dan mengunjunginya. Intinya, rasa cinta terhadap tanah air akan jauh lebih tinggi setelah merasakan nikmatnya tinggal di tanah asing. Ok, setelah tahu berbagai manfaat yang akan didapatkan saat kuliah di luar negeri, sekarang saatnya membahas hal yang nggak kalah seru: konsekuensi yang akan dihadapi saat kuliah di luar negeri.

0 Comments